blog layouts

MY SOUL
Ini Adalah Weblog kami..Terima Kasih telah Mengunjungi Kami.
DAFTAR ISI
KUMPULAN BERITA
KOMENTAR ANDA
INFORMASI TERKINI

cinta adalah anugerah.

LAPORAN TERBARU

Sedang Dalam Proses

Our Sponshorship
Links
Designed-By

Visit Me Klik It
My Team Work
15n41n1
 
September 07, 2006
Belajar dari Pengalaman
TELAAH RESUME PELAMAR YANG SUKSES MENDAPATKAN PEKERJAAN

Kami kerap menerima testimonial dan ucapan terima kasih dari banyak pencari kerja yang berhasil mendapatkan pekerjaan melalui karir.com. Ada yang mendapatkan pekerjaan dengan mudah, bahkan lebih dari satu kali. Tentunya ada yang membedakan dia dari kandidat lainnya. Berikut ini adalah hasil investigasi kami terhadap sejumlah resume pencari kerja yang telah berhasil mendapatkan pekerjaan :
  1. Resumenya lengkap, menarik dan terkini
    Kandidat-kandidat yang sudah lebih dari sekali diterima kerja melalui karir.com, ternyata resumenya memang lengkap dan menarik. Semua ruang yang disediakan oleh karir.com, digunakan secara maksimal untuk memberikan informasi tentang kualifikasi dirinya.
    Pada kolom Pengalaman Bekerja, deskripsi pekerjaannya diuraikan secara rinci, singkat dan jelas (menggunakan bullet points), lengkap dengan prestasi yang telah dicapai.
    Begitu pula kolom Informasi Tambahan Lainnya diisi dengan hal-hal positif yang menunjang seperti misalnya : ketrampilan dan sertifikat yang dimiliki, penguasaan tentang standar ISO tertentu, bahasa asing yang dikuasai, karakter kepribadian, IPK yang tinggi dan sebagainya.
    Data tentang nomor telepon, alamat dan perusahaan terakhir semuanya merupakan data terbaru yang masih berlaku.
    Kolom Keanggotaan Profesional juga tampak mendapat perhatian yang memadai karena diisi dengan data yang mendukung jabatan yang dilamar. Misal : Seorang kandidat adalah seorang Field Engineer, melamar untuk posisi yang sama dan dia mencantumkan keanggotaannya di Perhimpunan Insinyur Indonesia.
  2. Data Pengalaman Kerja.
    Pengalaman kerjanya solid, fokus di satu bidang dan atau industri serupa. Pada resume kandidat yang sukses tampak adanya konsistensi pada bidang pekerjaan yang dipilih. Jadi pengalaman bekerja mereka dari tahun ke tahun tampak berakumulasi menjadi komprehensif. Bahkan,beberapa kandidat tampak konisten terhadap bidang kerja yang ditekuninya dimulai sejak dari pemilihan bidang studi semasa kuliahnya.
  3. Informasi yang valid
    Tidak ada informasi yang saling bertentangan satu sama lain dan semua informasi yang dicantumkan sesuai/mendukung posisi yang dilamar.
    Contoh : seorang kandidat melamar untuk posisi Brand Manager di perusahaan Consumer Goods. Pada kolom Fungsi Kerja Yang Diinginkan, dia memang memilih : Brand/Product Management. Dan pada Industri yang Diinginkan dia memilih : Consumer Goods, Pharmacy, Retail.


    Jadi, mengapa tidak belajar dari mereka yang telah sukses? Evaluasi dan bila perlu modifikasi resume Anda terlebih dahulu, tiap kali Anda hendak melamar suatu pekerjaan.
posted by My Lovely Family @ Permalink ยค12:36 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home