blog layouts

MY SOUL
Ini Adalah Weblog kami..Terima Kasih telah Mengunjungi Kami.
DAFTAR ISI
KUMPULAN BERITA
KOMENTAR ANDA
INFORMASI TERKINI

cinta adalah anugerah.

LAPORAN TERBARU

Sedang Dalam Proses

Our Sponshorship
Links
Designed-By

Visit Me Klik It
My Team Work
15n41n1
 
October 13, 2006
Hebatnya Gaharu
EXPLOITASI GAHARU BESAR-BESARAN

Untuk meningkatkan pendapatan petani pada lahan sulfat masam, pemberdayaan lahan pekarangan merupakan sasaran yang telah kami rencanakan. Lahan sulfat masam kadang-kadang tergenang air saat banjir membuat pilihan tanaman menjadi terbatas. Oleh karena itu untuk pemberdayaan lahan pekarangan di daerah demikian dipilih tanaman gaharu karena selain bernilai ekonomi tiggi tanaman ini suka lingkungan banyak air dan tanah miskin. Untuk pengadaan bibit, kami mendapatkan bantuan dari Yayasan (NPO) Moyai Jepang yang bekerjasama dengan JIPRO. Walaupun kami memperoleh bantuan dana pengadaan bibit, kami masih memerlukan dana agar tanaman menghasilkan resin gaharu. Untuk itu kami bekerjasama dengan pihak petani dan aparat desa melalui sistem bagi hasil.
Beberapa spesies tanaman yang dapat menghasilkan gaharu di antaranya Aquilaria malaccensis, A. Agalocha, A. beccariana. Resin gaharu memberikan aroma harum bila dibakar dan dibutuhkan dalam jumlah banyak di berbagai negara. Selama ini tanaman gaharu dikumpulkan masyarakat dari hutan-hutan alam. Karena teknik pengambilan yang tidak baik, seperti dengan cara menebang terlebih dahulu sebelum melihat ada tidaknya gaharu, tanaman gaharu di hutan menjadi hampir punah. Sementara itu permintaan gaharu dari negara-negara Asia dan Timur Tengah seperti India, China, Jepang, Arab Saudi dll terus meningkat.
Gaharu merupakan tanaman tahunan yang jika terinfeksi jamur akan menghasilkan resin beraroma harum bila dibakar. Tidak semua gaharu yang tumbuh di alam menghasilkan aroma harum. Beberapa hanya menghasilkan sedikit resin, tidak sedikit pula yang bahkan tidak ada resinnya sama sekali. Untuk meningkatkan resin gaharu, saat ini telah ditemukan teknik penyuntikan jamur ke dalam kayu gaharu sehingga menjadi terinfeksi dan berpeluang kayu gaharu menghasilkan resin. Teknik ini memerlukan biaya yang besar.
Bibit gaharu yang ditumbuhkan dari biji atau stek ditanam di lahan pekarangan. Tanaman dipelihara hingga umur 6 tahun hingga diameternya mencapai sekitar 10 cm. Pada fase ini tanaman tersebut siap untuk disuntik dengan jamur. Penyuntikan harus dilakukan secara steril agar menghasilkan gaharu yang wangi. Keberhasilan proses penyuntikan perlu diuji dengan cara membor kayu di sekitar tempat penyuntikan. Jika belum berhasil penyuntikan kedua perlu dilakukan dan seterusnya sampai berhasil. Pohon gaharu yang berumur 10 tahun siap untuk dipanen khusunya jika telah berisi resin gaharu. Sebelum pemanenan perlu dicek di beberapa tempat agar diketahui pasti produksi gaharunya. Kayu gaharu yang berhasil adalah gaharu yang berisi resin gaharu. Adanya resin gaharu dikenali dengan warna atau noda hitam dan aroma harum. Saat ini kayu yang berkualitas baik mempunyai harga 750 ribu - 1 juta rupiah setiap kg.
posted by My Lovely Family @ Permalink ยค9:33 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home