blog layouts

MY SOUL
Ini Adalah Weblog kami..Terima Kasih telah Mengunjungi Kami.
DAFTAR ISI
KUMPULAN BERITA
KOMENTAR ANDA
INFORMASI TERKINI

cinta adalah anugerah.

LAPORAN TERBARU

Sedang Dalam Proses

Our Sponshorship
Links
Designed-By

Visit Me Klik It
My Team Work
15n41n1
 
October 13, 2006
Kayu Hitam Emas
Tapin Unggulkan Kayu Gaharu
Banjarmasin, BPostSelasa, 16 Agustus 2005 01:59:41

Pantas jika kayu gaharu disebut kayu emas karena harganya yang melebihi harga logam mulia. Tak tanggung-tanggung untuk kayu yang mengandung gubal atau damar wangi itu harganya sekitar Rp5-7 ribu setiap 5 sentimeter dan mencapai Rp8-18 juta per kilogramnya untuk jenis super.
Tak heran jika jenis kayu ini menjadi unggulan Kabupaten Tapin di stannya saat pameran Abdi Persada Membangun. "Kayu ini biasanya digunakan untuk membuat bibit minyak wangi dan campuran obat serta kosmetik. Sedangkan ampasnya biasanya digunakan membuat dupa dan obat nyamuk," ujar Ketua Kelompok Usaha Tani Peletarian Hutan dan Budidaya Gaharu Kabupaten Tapin, Sufriadi.Memang untuk bertani jenis tanaman ini perlu kesabaran dan modal yang lumayan besar. Setidaknya, selain memiliki tanah yang luas, juga harus membeli bibit kayu gaharu yang harganya mencapai Rp6 ribu-Rp10 ribu per batang dengan usia 5-12 bulan. Selain itu harus sabar menanti minimal selama 7 tahun untuk dapat memanen kayu gaharu dengan cara tebang pilih atau tebang habis sesuai kebutuhan.
Mahalnya harga kayu gaharu sendiri tidak terlepas dari kandungan sesquiterpena atau senyawa kimia yang tidak dapat dibuat sintetisnya atau dipalsukan. Ada beberapa jenis gaharu di antaranya, aquillaria malaccensis, aquillaria micro carfa, aquillaria hirta, grynops verstegi, aquillaria filaria dan aqullaria becairiana. Sedangkan daerah penghasil kayu ini terbanyak di Kalimantan, Sumatera, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Irian."Namun menurut penelitian para ahli, jenis Gaharu yang terbaik adalah malaccensis yang hanya terdapat di Kalsel. Namun saat ini keberadaan kayu ini sudah sangat langka," cetusnya seraya menambahkan saat ini dirinya sudah dapat mengekspor sebanyak 1-2 ton kayu gaharu per bulan
Bisnis Sigit Akan dikikis Habis
KETUA DPRD Irja Robert Sitorus, berjanji akan mengkikis habis semua proyek atau bisnis yang beroparasi di Irja karena kolusi, korupsi, nepotisme (KKN). Termasuk bisnis kayu gaharu oleh Ari Sigit cucu mantan presiden Soeharto. oPokoknya itu sudah merupakan tekad kita untuk memberantas habis KKN, termasuk bisnis kayu gaharu oleh Ari Sigit, untuk itu secepatnya saya akan bicarakan dengan gubernur Irian jaya, ojanji Sitorus di depan kelompok peduli HAM di Irian Jaya yang menggelar mimbar bebas di halaman DPRD, kemarin. Peryataan itu dilontarkan Sitorus setelah membaca salah satu spanduk yang nadanya tidak menghendaki bisnis keluarga Soeharto dan kawan-kawan ermasuk usaha kayu gaharu.
posted by My Lovely Family @ Permalink ยค9:44 PM  
0 Comments:
Post a Comment
<< Home